Pesona Indonesia 2018 Semarakkan Kota Dili

By Admin

nusakini.com-- ​​​KBRI Dili telah menyelenggarakan Pesona Indonesia: Pameran Dagang, Pariwisata, Seni, dan Budaya Indonesia 2018 di Lapangan Parkir Timor-Plaza, Dili  akhir pekan lalu.

Pesona Indonesia 2018 tersebut menampilkan berbagai produk buatan dan dari Indonesia, kuliner khas Indonesia, penjualan paket wisata ke Indonesia, dan pertunjukan seni dan budaya Indonesia. Pesona Indonesia 2018 dibuka leh Menteri Pariwisata Timor-Leste, Manuel Florencio da Canossa Vong, dan ditutup  oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Timor-Leste, Fernando Hanjam.   

Dalam sambutannya, Duta Besar Sahat Sitorus menyampaikan bahwa Pesona Indonesia 2018 merupakan kesempatan untuk memelihara dan meningkatkan hubungan baik dan kerja sama antara Indonesia dan Timor-Leste pada tingkat masyarakat maupun pemerintah. Dubes Sahat menambahkan bahwa Indonesia ingin turut serta mendukung pembangunan di Timor-Leste, baik dalam pengembangan sumber daya manusia (SDM), ekonomi, pariwisata, peningkatan kapasitas institusi, dan area lainnya.  

“Kami ingin menunjukkan kepada masyarakat dunia dan pebisnis dari Indonesia bahwa situasi di Timor-Leste adalah damai, stabil, dan menjanjikan," tegas Dubes Sahat.  

Pesona Indonesia 2018 diselenggarakan dalam rangka memelihara dan meningkatkan hubungan baik antara Indonesia dan Timor-Leste dan masyarakat kedua negara. Produk dan seni budaya Indonesia tidak asing lagi bagi masyarakat Timor-Leste, tapi ada banyak informasi mengenai Indonesia yang mungkin belum diketahui oleh masyarakat di Timor-Leste, antara lain berbagai tarian tradisional Indonesia, produk baru buatan Indonesia, dan musik populer dari Indonesia.  

Selain untuk menghibur masyarakat di Timor-Leste, Pesona Indonesia 2018 juga bertujuan untuk menggali potensi kerja sama kedua negara di berbagai bidang, antara lain, bidang perdagangan, investasi, kerja sama pariwisata, ekspor dan impor, serta peningkatan kapasitas sumber daya manusia. Penyelenggaraan Pesona Indonesia 2018 diharapkan dapat menunjukkan kepada masyarakat internasional bahwa situasi dan kondisi di Timor-Leste aman dan stabil serta berpotensi untuk investasi.  

Pesona Indonesia 2018 menampilkan berbagai tarian traditional nusantara yang akan dibawakan oleh kelompok tari Chakil Squad dari Jogjakarta, live music dari Bleze Band dari Jakarta, dan musik dangdut oleh Ratu Yolanda dari Jakarta. Selain itu, Pesona Indonesia juga dimeriahkan oleh penampilan para siswa Sekolah Dasar Canossa yang memainkan angklung dan kelas budaya Pusat Budaya Indonesia yang memainkan gamelan.  

Pada saat yang bersamaan, KBRI Dili juga menyelenggarakan Travel Fair 2018 dan pertemuan business to business di bidang perdagangan dan pariwisata pada tanggal 28 April 2018.  

Dalam kesempatan tersebut, Panitia Pemilihan Luar Negeri (PPLN) Dili juga membuka booth pendaftaran pemilu 2019 bagi Warga Negara Indonesia di Timor-Leste. (p/ab)